(Basic) Tutorial Membuat Akun Vexanium (VEX Address ) di VexWallet versi PC (Mac & Windows)

Hi VEX Partners,

Seperti yang sudah kita ketahui, blockchain Vexanium memberlakukan free transaction fee dalam pengiriman token namun user akan dikenakan fee ketika membuat akun yang berkisar 1 hingga 2 VEX per akun. Namun pada masa promosi Vexanium yang berlangsung kurang lebih 1 bulan, user akan mendapatkan akun gratis yang dimana pembayaran untuk akun ini akan disupport oleh Vexanium Foundation. Setelah masa promosi ini selesai nantinya, user dapat membeli akun VEX di agen, DApp, App hingga orang lain yang membantu membuatkan akun user tersebut.

Konsep Dasar Akun Vexanium
Ada beberapa elemen dasar penting yang harus diingat ketika membuat akun di VexWallet yaitu Password Wallet, Public Key, VEX Account Address dan Private Key. Elemen lainnya seperti RAM, CPU, NET, BP, dll akan kita bahas di pembahasan lainnya.

1. Password Wallet (Password yang melindungi wallet PC user)
Password ini merupakan password offline dimana user dapat memiliki berbagai jenis VEXWallet jika user tersebut memiliki wallet di MAC, Window, atau lainnya,setiap VEXwallet yang terdapat pada brand yang berbeda semua membutuhkan password wallet.
Password wallet ini digunakan untuk membuka akses, mengirim coin VEX/token lainnya atau untuk terhubung dengan Decentralized Application. Mohon diperhatikan bahwa didalam fitur desentralisasi ini, tidak terdapat fitur ‘forgot password’ sehingga user harus membackup password.

2. Public Key
Public key akan didapat setelah user menginstall wallet dimana public key ini akan dibutuhkan untuk langkah selanjutnya yaitu membuat dan mendaftarakan VEX address di blockchain Vexanium. Mohon diperhatikan bahwa dengan 1 public key user dapat memiliki banyak VEX Address dan public key bukan merupakan alamat VEX Address user. Public Key yang akan user dapatkan berupa VEXblablabla (hanya berupa contoh)

3. Private Key
Private key merupakan kata kunci dari public key user dan wajib di backup oleh user untu berjaga-jaga ketika user uninstall wallet ataupun kehilangan wallet. Dengan melakukan backup maka aset/vexanium user address user masih dalam genggaman

4. VEX Address (VEX User Address)
VEX Address ini didapatkan dengan membeli VEX Account Address (12 huruf) dengan menggunakan public key yang telah dibuat sebelumnya oleh user. VEX Address ini digunakan untuk semua pengiriman VEX atau token di jaringan blockhain vexanium.

Cara Pembuatan VEX Address dengan PC Wallet
Saat ini terdapat 2 cara untuk pembuatan akun Vexanium di Wallet PC. Cara pertama adalah user melakukan claim ‘account name’ nya di vexwallet.com dan cara kedua adalah akun user dibuatkan oleh orang lain. Mari kita bahas cara pertama yaitu claim account name user di wallet.

1. Buka Vexanium.com lalu klik download wallet atau buka vexwallet.com lalu download PC Wallet.

2. Buka Password Wallet. Password ini merupakan password offline dimana user dapat memiliki berbagai jenis VEXWallet jika user tersebut memiliki wallet di MAC, Window, atau lainnya,setiap VEXwallet yang terdapat pada brand yang berbeda semua membutuhkan password wallet.

3. Accept Term and Condition. VEX Wallet merupakan Decentralized Wallet sehingga tidak ada satu pihakpun yang bertanggung jawab atas asset di wallet user kecuali user itu sendiri. Perlu diperhatikan bahwa Vexanium tidak menyimpan private key dan lainnya.

4. Buat public key. Public key ini merupakan gerbang awal untuk terkoneksi kedalam blockchain Vexanium dan juga untuk membuat VEX Account Address. Contoh public key adalah sebagai berikut: VEXblablabla. Public key ini bukan merupakan alamat VEX Address.

5. Silahkan copy public key Anda yang berupa VEXblablabla karena public key dibutuhkan untuk membuat VEX account.

6. Buka vexwallet.com untuk melakukan claim free account. Isi public key lalu isi 12 karakter akun VEX. Kemudian masukkan nomor HP dimana nomor HP ini digunakan untuk melakukan verifikasi pada akun user.

7. Setelah berhasil, user dapat melakukan connect atau masukkan 12 karakter akun VEX di kolom account name.

8. Jika benar maka akan terdapat VEX token didalam akun user dan user sudah terhubung di blockchain Vexanium.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *