[Bahasa] Vexanium March Highlight

Hi Vex Partners,

Berikut adalah pencapaian dan pengembangan yang dilakukan Vexanium pada bulan Maret.

1. Testnet Q&A Vexanium
Kami mengucapkan terima kasih atas support dan dukungannya selama setahun terakhir pada Vexanium. Kami selaku tim Vexanium percaya dan sangat optimis bahwa produk kami akan membawa ekosistem blockchain ke masa depan yang lebih baik terutama di Indonesia karena pada saat ini belum ada public blockchain dengan smart contract yang established. Selain itu kami juga percaya bahwa Indonesia akan memegang peranan penting bagi industri blockchain dan cryptocurrency di Asia Tenggara atau bahkan di seluruh dunia. Berikut adalah fokus kami dan Q&A yang perlu Anda ketahui:

Fokus Vexanium di 2019
1. Testnet dan pengenalan DPOS
Kami akan memberikan update mengenai progress testnet kami seperti bagaimana cara membuat smart contract, TPS serta mencari beberapa kandidat pemain besar yang nantinya akan masuk ke dalam proses menjadi Block Producers. Kami juga akan mengadakan LIVE demo untuk DAPP.

Apa itu DPOS ( Delegate Proof of Stake )?
Seperti yang kita ketahui bahwa POS (Proof Of Stake) merupakan keadaan dimana Anda memiliki koin dalam jumlah tertentu, Anda bisa melakukan verifikasi transaksi atau menjadi miner dalam konsep Proof Of Work pada ETH maupun Bitcoin.
DPOS merupakan keadaan dimana tidak semua user yang memiliki VEX dapat melakukan verifikasi transaksi tapi hanya user terpilih yang bisa menjadi block producers atau mereka yang bisa memverifikasi transaksi. Pemilihan menjadi Block producers ini akan di laksanakan dengan Sistem Voting secara Berkala seperti sistem demokrasi dan pemilihan presiden. Kurang lebih di awal kita membutuhkan sekitar 12 juta vex untuk menjadi kandidat proses pemilihan kandidat akan berjalan selama 4 bulan awal setelah Mainet VEXANIUM RELEASE

Pengenalan Staking (Staking untuk pihak umum)
Pada konsep POS, user yang menghold suatu aset dalam jumlah tertentu akan mendapatkan reward. Jadi Vexanium berkolaborasi dengan VexGift untuk meluncurkan program VEX Staking Program dimana Anda dapat mendapatkan VEX dalam program staking ini. Tujuan kami adalah untuk menjadi public blockchain pertama di Indonesia yang mengenalkan konsep staking pada pihak umum.

2. Talent
Vexanium juga berfokus untuk mencari Talent terutama Programmer programmer internal dimana target kami adalah menambah minimal 5 orang tim programmer setiap bulannya. Para programmer ini nanti kedepannya akan menjadi developer-developer yang akan bersama-sama membangun blockchain vexanium serta membangun berbagai ekosistem yang berjalan diatas platform vexanium.

3. Mainet preparation
Mainet Vexanium sendiri akan berjalan di akhir Q2 2019. Jadwal Mainet ini sangat bergantung dengan proses dan progress testnet dimana kami akan update progressnya secara berkala. Ada kemungkinan Mainet akan lebih cepat atau ada juga kemungkinan akan ada sedikit delay, semua kemungkinan bisa terjadi semua tergantung update dari progress testnet.

4. Token swapping
Kami juga sangat aktif untuk berbagi informasi kepada exchange mengenai proses token swapping dimana hal ini akan berjalan setelah Mainet selesai.

Q&A

Q: Ethereum memiliki ERC20 dan Tron memiliki TRC20 sebagai nama token mereka. Bagaimana dengan nama token Vex?
A: VEX.TOKEN adalah nama token VEX. VEX.TOKEN akan menjadi token standar dan smart contract dari vexanium

Q: Bagaimana untuk Biaya Transaksi dari VEX kedepannya? Apakah akan menggunakan GAS FEE atau bagaimana?
A: Biaya Transaksi untuk kirim VEX di mainet vexanium bersifat gratis, tetapi ada beberapa syarat salah satu Syaratnya adalah setiap address harus menstake VEX dan untuk mendapatkan Address VEX juga Anda harus membeli vex atau mendapatkan vex dari orang lain supaya mendapatkan username dan melakukan staking.
Staking disini adalah setiap user wajib untuk menstake untuk membeli sebagian RAM ,NET dan CPU. Memori CPU dan ram inilah yang dibutuhkan untuk memverifikasi transaksi VEX.

Q: Apakah vexanium nanti akan melakukan Launchpad seperti exchange?
A: Tidak, karena fokus kami di public blockchain maka kita tidak melakukan launchpad seperti exchange tetapi kami akan mendukung project-project yang running di mainet vexanium diawal awal secara teknologi. Untuk launchpad setiap project bisa bekerja sama sendiri dengan exchange exchange terkait. Saat ini kita sudah ada sekitar 3 exchange yang bisa membantu launchpad namun untuk dealing dengan launchpad adalah deal dari pihak project itu sendiri terhadap exchange2 tersebut.

Q: Sampai Kapan program Staking VexGift akan berjalan?
A: Program staking di VexGift dengan nilai seperti sekarang akan kita review dalam 1-3 kebulan tetapi secara garis besar program ini akan berjalan sampai proses Voting Block Producers selesai.
Setelah selesai VexGift, reward vexgift akan menyesuaikan dengan reward block producers.

Q: Kapan moon?
A: Disini kami fokus mengembangkan infrastruktur dari project blockchain vexanium itu sendiri dimana seperti yang kita ketahui jika public blockchain sudah berjalan Ekosistem yang berkembang bisa sangat tidak terbatas. Demand akan ada dari Miners (Staker) dan block producers. Demand juga akan jalan dari setiap DAPP yang berjalan di blockchain vexanium. Lalu nanti liquiditas akan selalu ada karena kita nanti juga menyiapkan Decentralized Exchange.

Q: Apa yang terjadi lika supply VEX di market menyentuh 1 Milyar apakah nanti akan ada penambahan Supply? Atau apakah akan Seperti EOS setelah supply 1 milyar akan ada inflasi yatu Supply Additional?
A: Setelah semua Block terlengkapi 1 milyar, kita akan menambah Additional Supply yaitu 5% pertahun dimana 1% akan dibagikan kepada block producers dan 4 percent untuk Pengembangan Kedepan (untuk detail angka 5% kita belum fix khan tapi akan didetailkan step by step kedepannya)

Q: Apa perbedaan POS (Proof of Stake) dan DPOS?
A: Seperti yang kita ketahui bahwa POS (Proof Of Stake) merupakan keadaan dimana Anda memiliki koin dalam jumlah tertentu, Anda bisa melakukan verifikasi transaksi atau menjadi miner dalam konsep Proof Of Work pada ETH maupun Bitcoin.
DPOS merupakan keadaan dimana tidak semua user yang memiliki VEX dapat melakukan verifikasi transaksi tapi hanya user terpilih yang bisa menjadi block producers atau mereka yang bisa memverifikasi transaksi. Pemilihan menjadi Block producers ini akan di laksanakan dengan Sistem Voting secara Berkala seperti sistem demokrasi dan pemilihan presiden. Kurang lebih di awal kita membutuhkan sekitar 12 juta vex untuk menjadi kandidat proses pemilihan kandidat akan berjalan selama 4 bulan awal setelah Mainet VEXANIUM RELEASE.

Q: Apa bahasa pemrograman dari VEX Mainet?
A: Bahasa pemograman yang dipakai di Mainet VEX adalah C/C++, kami percaya C++ adalah sebuah bahasa pemograman yang paling populer saat ini jadi harapannya adalah lebih banyak developer tartarik untuk membuat smart contract di VEX. beberapa hal yang perlu di kuasai nanti adalah C++ , Phyton dan WebAssembly

Q: Berapa kecepatan TPS dari VEX Mainet?
A: Kecepatan TPS dari mainet vex diatas 1000 TPS, namun kami percaya kecepatannya dapat mencapai sekitar 2000 TPS

Q: Apa keuntungannya membuat Decentralized App untuk programmer?
A: Decentralized app yang dibangun di atas blockchain memungknkan interaksi langsung antara user dan provider, sehingga tidak membutuhkan central authority untuk membuat aplikasi berfungsi atau bahasa lainnya , menghilangkan atau mengubah bagaimana middleman bekerja.
Fitur2 dapps seperti “programmable money” , “confidentiality”, “insentif menggunakan kripto” , “trust & audit trail” membuka banyak kemungkinan munculnya jenis bisnis baru. Decentralized apps adalah trend terbaru saat ini, sama seperti kita membicarakan ecommerce marketplace di indonesia tahun 2005, atau membicarakan “internet” di tahun 1995, kemungkinan berkembang masih sangat luas dan besar.

2. Block Community Medan

Hai Medan! Kami berpartisipasi dalam Block Community Medan di bulan Maret dan CEO kami, Danny Baskara membawakan sesi mengenai Mainet Vexanium yang akan launching pada akhir Q2 2019.

3. VexGift iOS Lite Launch

Dalam beberapa bulan ini kami sudah menerima banyak saran dan masukan dari user VexGift, oleh karena itu kami meluncurkan VexGift iOS Lite Version supaya Anda dapat merasakan pengalaman terbaik dalam menggunakan VexGift.
Pada VexGift iOS Lite ini Anda dapat berpartisipasi dalam VEX Staking Program yang telah diadakan sejak 12 Maret 2019 dimana Anda dapat meningkatkan VEX Anda dengan mendepositkan minimal 100.000 VEX atau lebih.

Baca lebih detail di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *