Fork

Synonyms: Hard Fork, Soft Fork

Fork

Dalam pengembangan software ataupun dalam sebuat Protocol Blockchain , sebuah fork adalah sebuah cabang dari kode baru yang mengarah pada arah software atau protocol blockchain itu sendiri. Seringkali, itu juga sering mewakili (dalam software open-source yang dikembangkan di luar perusahaan) ataupun ketidaksepakatan dalam komunitas yang membangun dan memelihara kode asli

Dalam istilah blocckchain dan cryptocurrency, fork adalah ketidaksepakatan antar node. Ketidaksepakatan bisa mengenai kode apa yang sedang dijalankan, atau blok mana yang termasuk dalam blockchain. Ketidaksepakatan semacam itu menyebabkan blockchain terbagi menjadi dua rantai paralel. Ada dua jenis fork (garpu):

Ada 2 jenis fork yang kita ketahui di blockchain

1. soft fork sering terjadi selama peningkatan software ke protokol. Jenis “soft” fork ini tidak menghasilkan perpecahan permanen jaringan dan lebih mirip dengan migrasi atau peningkatan jaringan. Dengan kata lain, node pada jaringan tetap kompatibel satu sama lain.

2 hard fork terjadi ketika node dalam jaringan gagal mencapai konsensus. Dalam hal ini, blockchain terbagi menjadi dua atau lebih cabang pada titik terakhir perjanjian, dan blok valid baru yang diterima pada satu fork akan ditolak oleh yang lain.

Di Blockchain Vexanium sebagai Blockchain generasi ke tiga,Vexanium memungkinkan dalam peningkatan kode jaringan tampa melakukan Forking (fork)