Konsensus

Synonyms: Consensus, Proof of Work (PoW), Proof of Stake (PoS), Delegated Proof of Stake (DPoS)

Konsensus adalah proses yang digunakan oleh kelompok yang terdiri dari rekan-rekan yang bertanggung jawab untuk menjaga penggunaan buku besar yang didistribusikan. Cara untuk mencapai konsensus tentang penggunaan konten buku besar.

Ada beberapa mekanisme konsensus dalam jaringan blockchain, tiga yang paling populer saat ini adalah Proof of Work (PoW), Proof of Stake (PoS), dan Delegated Proof of Stake (DPoS).

Proof of Work (PoW)

Protokol untuk membangun konsensus di seluruh sistem yang mengikat kemampuan penambangan dengan kekuatan komputasi. Memukul blok, yang dengan sendirinya merupakan proses komputasi yang mudah, sekarang mengharuskan setiap penambang untuk memecahkan set, variabel yang sulit. Akibatnya, proses hashing setiap blok menjadi kompetisi. Penambahan penyelesaian untuk target ini meningkatkan kesulitan sukses hashing setiap blok. Untuk setiap blok hash, proses hashing secara keseluruhan akan membutuhkan waktu dan upaya komputasi. Dengan demikian, blok hash dianggap sebagai Proof of Work.

Proof of Stake (PoS)

Protokol konsensus alternatif, di mana seorang individu atau “validator” menggunakan cryptocurrency mereka sendiri untuk memvalidasi transaksi atau blok. Validator “mempertaruhkan” cryptocurrency mereka pada transaksi apa pun yang mereka pilih untuk divalidasi. Jika individu memvalidasi blok (kelompok transaksi) dengan benar maka individu tersebut menerima hadiah. Biasanya, jika validator memverifikasi transaksi yang salah maka mereka kehilangan mata uang kripto yang mereka pertaruhkan. Proof of Stake membutuhkan jumlah daya komputasi yang dapat diabaikan dibandingkan dengan konsensus Proof of Work.

Delegated Proof of Stake (DPoS)

Algoritma konsensus dikembangkan untuk mengamankan blockchain dengan memastikan representasi transaksi di dalamnya. DPoS dirancang sebagai implementasi demokrasi berbasis teknologi, menggunakan proses pemilihan dan pemilihan untuk melindungi blockchain dari sentralisasi dan penggunaan jahat.