Decentralized Finance (DeFi)

Decentralized Finance atau Keuangan desentralisasi (DeFi)

Pengertian simplenya “DeFi” adalah dApps untuk sektor keuangan, seperti pertukaran, pinjaman, dan tabungan. Aplikasi DeFi mewarisi sifat-sifat blockchains digital, terbuka, dan terdesentralisasi karena mereka dikodekan dalam smart contract pada cryptonetworks. Mereka menggabungkan keuangan tradisional dengan kekuatan perangkat lunak untuk memungkinkan aplikasi keuangan yang jauh lebih terprogram dan kuat.

Karena mereka ditempatkan di atas blockchain, stablecoin mempertahankan keunggulan cryptocurrency digital, global, mudah ditransfer, dan didesentralisasi. Namun mekanisme yang mereka masukkan untuk meminimalkan gejolak harga menjadikannya media pertukaran yang lebih bermanfaat, memungkinkan berbagai kegiatan ekonomi.

Decentralized Finance (DeFi) merupakan suatu pergerakan di blockchain yang cukup menarik perhatian beberapa waktu belakangan ini. Definisi DeFi ini sendiri merujuk ke infrastruktur finansial terbuka yang di bangun di atas platform publik smart contract seperti blockchain Ethereum atau Vexanium.

Bila dibandingkan dengan sektor keuangan tradisional maka dapat dilihat bahwa DeFi tidak bergantung pada pihak ketiga ataupun institusi terpusat manapun dan didasarkan pada protokol yang terbuka dan Decentralized Application (Dapps). Perjanjian yang terdapat di DeFi dikukuhkan di dalam smart contract, transaksi yang terjadi di DeFi dilakukan dengan cara yang aman dan deterministik serta perubahan peraturan governance yang sah negara juga akan tercatat di public blockchain.

Jadi arsitektur dari blockchain ini sendiri mampu menciptakan sistem finansial yang immutable (tidak bisa dihapus, tidak bisa diedit) dan memiliki tingkat interoperabilitas yang tinggi dengan transparansi yang belum pernah terjadi sebelumnya, setiap orang memiliki hak akses yang sama, dimanapun lokasi dan apapun status keuangannya, dan hanya sedikit proses yang memerlukan jasa kustodian, pusat kliring ataupun layanan escrow karena sebagian peran ini dapat dijalankan oleh smart contract.