Decentralized Application (DApp)

dApps

apa itu dApp atau Dapps, Dapps atau Decentralized application atau dalam bahasa indonesia disebut dengan “aplikasi terdesentralisasi,” sama seperti aplikasi komputer lainnya kecuali kodenya ditulis dalam smart contract. Ini berarti bahwa semua data dan logika untuk menjalankan aplikasi hidup atay tersimpan di blockchain, bukan di server terpusat seperti aplikasi pada umumnya . Karena itu, tidak ada yang benar-benar “memiliki” aplikasi atau data setelah diinstal di blockchain, jadi tidak seperti aplikasi lain yang mengunduh dari internet atau membeli dari app store.

selain itu juga Dapp adalah aplikasi yang digunakan oleh user untuk berinteraksi dengan blockchain. Dapp adalah aplikasi yang bersifat peer to peer, tidak memiliki middleman/intermediary sehingga antara user bisa melakukan transaksi peer to peer (P2P) secara langsung di antara mereka.

Yang membedakan dApps dari aplikasi reguler adalah bahwa mereka tanpa izin (siapa pun dapat menjalankannya) dan kodenya dapat bersifat permanen (mereka akan ada selama blockchain ada). Karena mereka tanpa izin, siapa pun dapat berinteraksi dengan smat contract tanpa melalui server terpusat. Dan karena mereka permanen, pengguna (dan aplikasi lain) akan tahu bahwa mereka akan ada di masa depan. Ini berarti bahwa setiap dApp seperti bata Lego, yang membuka seluruh dunia baru kemungkinan aplikasi.