Arbitrase

Arbitrase atau Arbit dalam Dunia Cryptocurrency adalah praktik pembelian dan penjualan aset di dua pasar atau lebih sebagai cara untuk mengambil keuntungan dari harga yang berbeda. Misalnya, seorang pedagang dapat membeli aset tertentu di satu pasar cryptocurrency exchange dan dengan cepat menjual aset yang sama di pasar cryptocurrency lainnya , dengan harga lebih tinggi.

Alasan mengapa arbitrase ada adalah karena ketidakefisienan di pasar. Ini berarti bahwa aset tertentu dapat menyajikan harga perdagangan yang berbeda di lokasi yang berbeda, meskipun kedua pasar menawarkan aset yang sama persis (atau yang sangat mirip).

Dalam konteks pasar keuangan, arbitrase sering dianggap sebagai kekuatan fundamental karena mencegah pasar yang berbeda dari menciptakan perbedaan harga yang signifikan antara aset yang sama atau identik. Oleh karena itu, praktik arbitrase bergantung pada divergensi harga kecil dan, sebagai akibatnya, cenderung menyebabkan konvergensi harga. Kecepatan terjadinya konvergensi ini dapat digunakan sebagai ukuran efisiensi pasar secara keseluruhan. Pasar yang sangat efisien tidak akan menghadirkan peluang arbitrase sama sekali karena setiap aset perdagangan akan memiliki harga yang sama persis di semua bursa.

Ketika dilakukan dengan benar, arbitrase dapat dianggap sebagai cara bebas risiko untuk memanfaatkan perbedaan harga sementara. Namun, kita harus ingat bahwa bot perdagangan berjalan di semua jenis pasar dan banyak dari mereka dirancang khusus untuk memanfaatkan peluang arbitrase. Oleh karena itu, perdagangan arbitrase dapat menimbulkan beberapa risiko tergantung pada strategi dan eksekusi.

Dalam pasar cryptocurrency, cara terbaik untuk mendapat untung dari peluang arbitrage adalah dengan menghindari tergantung pada transaksi blockchain. Misalnya, jika seorang pedagang ingin melakukan arbitrase dengan Bitcoin di dua bursa yang berbeda, akan lebih baik bagi pedagang itu untuk memiliki akun di kedua platform. Selain itu, kedua akun harus memiliki dana yang cukup untuk memastikan mereka dapat membeli dan menjual segera, tanpa harus bergantung pada setoran dan konfirmasi penarikan (yang mungkin memakan waktu tiga puluh menit atau lebih tergantung pada lalu lintas jaringan).

Meskipun kami memiliki setidaknya sepuluh jenis strategi arbitrase yang berbeda, pedagang sering merujuk pada yang kami jelaskan, yang merupakan bentuk yang lebih tradisional dan dikenal sebagai arbitrase murni. Karena strategi ini bergantung pada penemuan inefisiensi pasar dan disparitas harga daripada spekulasi, strategi ini sering dianggap sebagai pendekatan berisiko rendah.

Metode lain yang kurang populer disebut arbitrage merger (atau arbitrase risiko), dan seperti namanya, itu adalah pendekatan yang sangat spekulatif yang bergantung pada ekspektasi pedagang akan peristiwa di masa depan untuk mempengaruhi harga aset. Ini dapat mencakup, misalnya, akuisisi perusahaan, penggabungan, atau pengajuan kebangkrutan.