Akun Blockchain

Synonyms: Blockchain Account, Private Key, Public Key, Kunci Pribadi, Kunci Publik, Alamat (Alamat Dompet), Address (Wallet Address)

Akun Blockchain adalah akun yang digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas di sebuah jaringan blockchain, seperti: membuat smart contract, membuat dapp, menggunakan dapp, mengirim atau menerima transaksi di jaringan, dsb. Akun blockchain ini biasanya terdiri dari beberapa sub-komponen lainnya, seperti: alamat dompet, kunci pribadi, kunci publik, dsb.

Alamat (Alamat Dompet)

Alamat Dompet digunakan untuk mengirim dan menerima transaksi di jaringan blockchain. Alamat adalah string karakter alfanumerik, yang juga dapat direpresentasikan sebagai kode QR yang dapat dipindai. Namun sekarang ini ada beberapa jaringan blockchain yang sudah bisa mendukung alamat yang hanya menggunakan huruf, seperti jaringan blockchain Vexanium yang memungkinkan pengguna untuk membuat akun blockchain dengan alamat yang hanya berisikan huruf.

Satu bagian dari pasangan kunci publik / pribadi yang digunakan untuk enkripsi dan dekripsi asimetris.

Private Key (Kunci Pribadi)

Kunci pribadi dapat digunakan untuk mendekripsi pesan yang dienkripsi secara simetris menggunakan kunci publik yang sesuai. Kunci pribadi dirahasiakan dari siapa pun yang bukan pemiliknya. Setelah kunci privat dipublikasikan, itu tidak berguna sebagai titik otentikasi.

Public Key (Kunci Publik)

Persamaan kriptografi atau set parameter yang sesuai dengan kunci pribadi berpasangan. Kunci publik dapat digunakan untuk mendekripsi pesan yang dienkripsi secara simetris menggunakan kunci pribadi yang sesuai.